Iklan

iklan di sini

Panduan Bisnis Afiliasi, Bisnis Tanpa Modal Yang Menguntungkan

iklan di sini

Panduan Bisnis Afiliasi, Bisnis Tanpa Modal Yang Menguntungkan | Selain bisnis dropship seperti yang sudah saya share sebelumnya, ada satu lagi bisnis online yang populer dan menguntungkan yaitu bisnis afiliasi. Meskipun sama-sama menjual produk miliki orang lain tapi antara afiliasi dan dropship memiliki perbedaan yang jelas. Sebelum saya menjelaskan tentang perbedaan afiliasi dan dropship berikut saya jelaskan dulu pengertian dari afiliasi.

panduan bisnis afiliasi

Pengertian Afiliasi Menurut Para Ahli

Pengertian afiliasi adalah pertalian atau perhubungan sebagai anggota atau cabang. Jika diibaratkan sebagai dua orang, maka antara orang yang satu dengan orang yang lainnya saling memiliki hubungan. Hubungan yang didasari saling membutuhkan untuk mencapai tujuan.
Pengertian afiliasi dalam psikologi adalah kebutuhan manusia untuk membentuk hubungan dan memiliki kaitan yang erat dengan kebutuhan untuk diakui dan diterima oleh lingkungannya. Dan memang tidak ada manusia yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa bantuan dari orang lain.
Ada banyak contoh afiliasi dalam kehidupan. Baik secara perorangan maupun lembaga atau badan usaha.
Pengertian afiliasi dalam pasar modal adalah jenis hubungan antara :
  • Pemegang saham utama dengan perusahaan
  • Perusahaan dengan berbagai pihak baik secara langsung atau tidak langsung untuk mengontrol perusahaan.
  • Dua perusahaan yang dikontrol baik secara langsung ataupun tidak langsung oleh satu pihak yang sama.
  • Dua perusahaan yang terdapat satu atau lebih dewan komisaris / anggota direksi yang sama
  • Hubungan komisaris, direktur dan pegawai dengan pihak yang memiliki hubungan keluarga karena keturunan dan perkawinan baik seca vertikal maupun horizontal.
Di dalam akuntansi kita mengenal perusahaan afiliasi ( Affiliated Company ), pengertian afiliasi dalam perusahaan adalah satu atau lebih perusahaan yang berada dalam suatu sistem perusahaan induk. Atau disebut juga anak perusahaan
Sebuah perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan afiliasi dengan perusahaan lain apabila:
  1. Komisaris atau direktur suatu perusahaan, ternyata juga menjabat sebagai komisari atau direktur di perusahaan lain.
  2. Direktur atau komisaris suatu perusahaan, mempunyai hubungan keluarga dengan direktur atau komisaris di perusahaan lain.
  3. Salah satu pihak perusahaan dapat memberhentikan direktur atau komisaris suatu perusahaan lain
  4. Salah satu pihak perusahaan dapat mengendalikan perusahaan lainnya.
Baca >> Sumber Pengertian Afiliasi
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa afiliasi adalah cabang dari sebuah usaha yang memiliki keterikatan aturan dengan usaha induk. Dalam dunia bisnis online afiliasi identik dengan bisnis merekomendasikan produk dari sebuah web atau toko online. Pemilik produk disebut sebagai affiliate merchant dan memberi afiliasi disebut sebatai afiliate marketers (pemasar produk).Para affiliate marketers (pemasara produk) hanya akan dibayar ketika produk tersebut sudah laku terjual.
Lho kok sama dengan dropship? Beda, seperti yang sudah saya sebutkan diatas antara afiliasi dan dropship itu berbeda. Dalam bisnis afiliasi kendali sepenuhnya di pegang oleh merchan (pemiliki produk atau pemilik toko online). Anda hanya bertugas merekomendasikan produk tersebut ke calon pembeli.

Untuk menjalankan bisni afiliasi seorang affiliater (pemasar produk) harus mendaftar terlebih dahulu (gratis). Setelah mendaftar afiliater akan mendapatkan sebuah link refferal (link afiliasi) yang akan mengarah pada web toko online tersebut. Misal anda mendaftar pada www.toko123.com, maka anda akan mendaptkan sebuah link dengan alamat www.toko123.com/?ref=username

Alamat web dan link afiliasi di atas hanya contoh saja, setiap web toko online memiliki cara tersendiri dalam membuat link affiliasi untuk para membernya. Misal antara amazon dan clickbank akan berbeda struktur link affiliasinya.

Lalu apa yang harus dilakukan setelah mendaftar menjadi seorang afiliater?
Jika anda mendaftar sebagai afiliater pada marketplace yang memiliki banyak produk seprti contoh amazon, clickbank dan ratakan, maka selanjutnya anda memilih produk mana yang akan dipasarkan. Dari setiap produk tersebut akan ada link affiliasi untuk anda rekomendasikan kepada para calon pembeli. Setiap ada penjualan yang terjadi atas rekomendasi anda maka anda akan mendaptkan sejumlah komisi.

Komisi yang anda dapatkan sudah ditentukan oleh merchan dengan besaran variasi. Untuk produk digital biasanya berkisar antara misal 30% sampai dengan 75% dari harga produk, sedangkan untuk produk fisik biasanya berkisar antara 5% sampai dengan 25% saja. Jadi, anda tidak bisa menentukan harga sendiri. Baik harga maupu keuntungan sudah ditentukan oleh merchan (pemilik produk). Yang anda lakukan hanya merekomendasikan produk tersebut kepada calon pembeli. Maka ada juga yang menyebtukan bisnis afiliasi adalah bisnis rekomendasi.

Tips Memilih Bisnis Afiliasi

Ada banyak bisnis afiliasi, tapi bukan berarti semua haru kita ikuti agar mendaptkan penghasilan lebih banyak. Bukan berarti dengan mengikuti banyak bisnis afiliasi akan semakin banyak sumber penghasilan dan semakin cepat kaya dari bisnis afiliasi. Yang, ada malah gagal fokus dan gagal mencapai tujuan dari mengikuti sebuah bisnis afiliasi.

Untuk itu maka sangat penting dalam menentukan pilihan bisnis afiliasi terbaik. Kalau baik, saya yakin semua bisnis afiliasi baik. Asal terbukti membayar dan tidak melakukan kecurangan maka semua bisnis afiliasi saya anggap baik. Namun dari sekian banyak bisnis afiliasi yang baik tentu ada yang terbaik. Terbaik menurut saya belum tentu terbaik menurut orang lain. Tapi ada ukuran tertentu yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih bisnis afiliasi terbaik.

Pertama, pilihlah bisnis afiliasi dengan produk yang paling banyak dicari. Entah itu produk fisik maupun produk digital, pastikan produk yang akan dipasarkan adalah produk yang banyak dicari atau banyak dibutuhkan. Karena jika produk banyak dibutuhkan, peluang untuk mendapatkan pembeli sangat besar.

Kedua, pilihlah bisnis afiliasi dengan komisi besar. Tidak harus memilih bisnis afiliasi dengan komisi tertinggi tapi juga jangan yang terlalu kecil. Afiliasi dengan komisi besar biasanya adalah afiliasi dengan produk digital, seperti software dan ebook. Salah satu contoh marketplace produk digital yang menyediakan sistem afiliasi adalah clickbank (afiliasi luar negeri) dan ratakan (afiliasi dalam negeri). Sedangkan untuk afiliasi dengan produk fisik adalah amazon (afiliasi luar negeri) dan tokoone.com (afiliasi dalam negeri).

Ketiga, pilih bisnis afiliasi dengan sistem yang mudah difahami dan sederhana dalam proses pencairan komisi. Saya yakin sebagai pemula tidak ingin dibuat pusing dengan sistem afiliasi yang rumit ditambah lagi proses pencairan yang bertele-tele. Kala saya suka memilih afiliasi dengan link referal sederhana, terseia laporan transaksi secara periodik, dan proses pencairan cepat dan mudah. Misal pencairan via rekening bank, WU, atau paypal.

Cara Menjalankan Bisnis Afiliasi

Cara menjalankan bisnis afiliasi sangat sederhana, bahkan lebih mudah jika dibandingkan dengan bisnis online menjadi dropshper. Pekerjaan anda hanya merekomendasikan produk afiliasi dengan menyebar link referal di internet. Anda bisa menyebarnya di sosial media, di web atau blog, via email, via SMS atau media apapun yang memungkinkan.

Anda tidak perlu repot mengurusai stok barang, tidak perlu mengurusi proses pengiriman barang, tidak perlu mengurusi komplain dari kline, tidak perlu repot mengurusi transaksi jual beli. Setiap ada pembeli yang datang atas rekomendasi anda akan langsung menutu web merchan dan semua transaksi akan langsung di urusai oleh pemilik produk. Jika transaksi terjadi, maka secara otomatis anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Biasanya komisi akan langsung dikirim ke rekening anda atau menunggu terakumulasi sampai pada jumlah tertentu.

Nah demkian dulu deh panduan bisnis afiliasi, bisnis tanpa modal menguntungkan yang bisa saya share pada kesempatan ini. Silakan untk para pemula seperti saya, tunggu artikel selanjutnya tips sukses bisnis afiliasi atau cara jitu berhasil menjual produk afiliasi.