Iklan

iklan di sini

Featured Post

Your have to know affiliate marketing rules for successful

Your have to know affiliate marketing rules for successful - So you have got been eager to get into affiliate promoting, and need to grasp ...

Usaha Kreatif : Usaha Yang Menguntungkan Bisa Berawal Dari Hobi

iklan di sini

Usaha Kreatif : Usaha Yang Menguntungkan Bisa Berawal Dari Hobi | Usaha yang menguntungkan adalah usaha yang bisa dijalankan dengan modal sekecil mungkin keuntungan sebesar-besarnya. Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah ekonomi kreatif, industri kreatif dan dalam dunia online ada istilah usaha kreratif. Secara definisi antara usaha kreatif, ekonomi kreatif dan indsutri keratif mungkin memiliki kesamaan tujuan meskipun ruang lingkupnya berbeda.


Usaha Kreatif Yang Menguntungkan
Usaha Kreatif Yang Menguntungkan
Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.

Dari dua definisi industri kratif dan ekonomi kreatif di atas dapan ditarik sebuah kesimpulan bawah keduanya menekankan pada eksploitasi daya kreasi (kreatifitas). Begitu juga halnya dengan usaha kreatif, dapat diartikan sebuah usaha yang mengandalkan kreatifitas dalam berpikir dan membaca sebuah peluang sekecil apapun untuk menjadi sebuah usaha yang menguntungkan

Usaha kreatif lebih menguntungkan karena hanya mengandalkan kemampuan otak dalam berkarya dan berinovasi. Dengan kreatitifas maka sesuatu yang kelihatan tidak bernilaipun bisa menjadi sangat berharga sehingga bisa meningkatkan taran ekonomi pelakunya.

Banyak pelaku usaha kreatif yang mengawali usaha keratifnya dari sebuah hobi. Mungkin pada awalnya mereka yang kini sudah sukses dengan usaha kreatifnya juga tidak tahu akan menangguk keuntungan yang sangat besar, tapi karena kecintaannya pada pekerjaannya maka itu membawanya kepada sebuah hoki.

Sebuah contoh, seorang ibu yang hobi dengan manik-manik kemudian dia berusaha membuat manik-manik sendiri untuk menghiasi pakaiannya sendiri dan keluarganya. Hal tersebut terus dilakukan sehingga kemudian menjadi ciri khas dari dirinya yang kemudian dilihat orang lain dan mendapat penilaian baik. 

Berawal dari itu, kemudian ada orang yang tertarik untuk dibuatkan manik-manik. Berawal dari satu orang yang dibuatkan manik-manik kemudian cerita ke teman, teman cerita ke teman lagi sehingga informasi seorang ibu yang membuat manik-manik menyebar ke banyak orang. Mulai dari situlah banyak orang yang membutuhkan manik-manik hasil karyanya. 

Nah karena seorang ibu tersebut merasakan manfaat ekonomi dari hobinya, kemudian ia terus menekuni hobinya tersebut sekaligus sebagai usaha sampingan.

Contoh di atas hanya satu hal kecil dari sekian banyak orang yang mengali usaha keratifnya dari sebuah hobi.

Bagaimana, apakah anda sudah mendapatkan inspirasi untuk memulasi usaha yang menguntungkan anda sendiri? Terus gali potensi diri anda sendiri dan jangan ragu untuk mencoba dan memulainya. Karena orang yang takut untuk memulai, itu artinya dia telah memilih jalan kegagalannya sendiri.