Iklan

iklan di sini

Peluang Usaha Agribisnis dan Potensi Keuntungannya

iklan di sini

Peluang Usaha Agribisnis dan Potensi Keuntungannya | Usaha agribisns adalah salah satu bidang usaha yang jarang dilirik. Tidak semua suka dengan dunia pertanian yang harus bergumul dengan kotoran tanah, bau pupuk dan bercucuran keringat. Selain itu untuk menjalankan usaha agribisnis tentunya harus memiliki lahan, maka tidak banyak orang yang terjun dalam usaha agribisnis. 

Peluang usaha agribisnis sendiri masih terbuka lebar untuk ditekuni dan dikembangkan. Produk-produk pertanian dengan segala variannya menjadi komoditi yang banyak dibutuhkan. Baik itu untuk kebutuhan pangan, kesehatan (obat) bahkan untuk menunjang kegiatan pertanian itu sendiri. Dengan demikian usaha aribisnis menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi bagi kita yang tinggal di Indonesia yang memang terkenal sebagai negara agraris.

Banyak sekali peluang agribisnis dengan potensi keuntungan sangat besar. Namun ada kunci rahasia dalam menekuni bisnis agribisnis ini, yaitu jangan menjadi pengekor tapi jadilah pelopor. Maksudnya, jangan hanya mengikuti tren bisnis agribisnis yang sudah ada tapi carilah peluang-peluang lain yang belum tersentuh oleh para pelaku usaha agribisnis lainnya.

Masalahnya, ketika seorang pelaku usaha agribisnis hanya ikut-ikuta trend ada kemungkinan pada saat memanen dan menjual produk hasil pertaniannya harga sudah turun drastis karena terlalu banyak pemain di bidang tersebut sehingga produk telalu melimpah. Di sini berlaku hukum pasar, jika barang melimpah dan permintaan menurun maka harga akan turun sedangkan jika produk berkurang dan permintaan naik maka harga akan naik. Jadi, carilah bidang usaha agribisnis yang belum banyak pesaingnya atau paling tidak carilah yang harga jualnya cenderung stabil.

peluang usaha agribisnis

Peluang Usaha Agribisnis Yang Patut Anda Coba   

Nah dari sekian banyak peluang usaha agribisnis, mungkin ini patut anda coba. Produk-produk dari hasil usaha agribisni di bawah ini cenderung terus dibutuhkan sehingga harganya juga cenderung stabil.

1. Usaha Agribisnis Tanaman Rempah

Sudah sejak jaman dahulu Indonesia terkenal dengan hasil rempah-rempahnya, bahkan Indonesia dijajah Belanda karena hasil rempah-rempahnya yang melimpah. Penggunaan dari produk rempah-rempah Indonesia sangat beragam. Untuk keperluan dapur itu sudah pasti, selain itu industri kesehatan dan kecantikan juga banyak menggunakan rempah-rempah asli Indonesia. Maka tak heran rempah-rempah Indonesia selalu dibutuhkan bahkan menjadi komodisi ekspor bagi negara.

Melihat keadaan tersebut, jelas bahwa peluang usaha agribisnis tanaman rempah masih sangat terbuka lebar. Misal anda bisa berkebun pala, cengkeh, mrica, kencur, ketumbar dan rempah lainnya. Harga rempah-rempah yang sampai saat ini masih cenderung tinggi yaitu cengkeh, kopi, mrica. Maka sekarang di desa-desa banya para petani yang menanam kembali dan merawat tanaman kompi, cengkeh dan mrica.

2. Usaha Agribisnis Budi Daya Tanaman Obat

Saat ini obat herbal menampakan eksistensinya. Banyak para pelaku usaha dagang yang kemudian membukan toko obat herbal. Mungkin ini adalah fonomena dimana masyarakat mulai khawatir denga penggunakan obat-obatan kimia sehingga kemudian beralih pada pengobatan secara natural salah satunya menggunakan obat herbal. Permintaan terhadap obat-obat herbalpun makin meingkat

Pemingkatan pada permintaan obat-obat herbal ini berimplikasi pada naiknya permintaan bahan-bahan untuk pembuatan obat herbal. Seperti misal jahe merah, kapulaga, jinten, kencur, kunyit dan tanaman obat herbal lainnya. Bahkan produsen jamu terkenal seperti Bintang Tujuh juga merekomendasikan masyarakat untuk menanam jahe merah di rumah-rumah. Ini menandakan usaha agribisnis tanaman obat sedang naik daun.

Yang menguntungkan, untuk memulai usaha agribisnis tanaman obat tidak mengharus dengan lahan yang luas. Usaha ini bisa dimulai dengan memanfaatkan pekarangan rumah bahkan menggunakan pot dan polybag. Beberaoa tanaman obat yang bisa ditanaman dengan mudah antara lain ;
1. Bertanam Jahe Merah Dalam Karung/Polybag

2. Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu

3. Budidaya Tanaman Lidah Buaya.

4 .Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya

5. Budidaya Daun Sirih

6. Bertanam Daun Mint dll.


3. Usaha Agribisnis Bibit Tanaman Buah Dalam Pot

Nah  bisnis yang satu ini sangat menarik. Di tengah-tengah semakin sempitnya lahan pertanian banyak orang yang ingin memiliki tanaman buah di dekat rumah. Selain bisa untuk penghijauan juga bisa dinikmati hasilnya. Dari kondisi semacam ini maka munculah ide usaha keratif mencipatakan tanaman buah dalam pot.

Tanaman buah dalam pot ternyata sangat disukai masyarakat.
Sering saya lihat mobil-mobil yang menjual tanaman buah dalam pot langsung habis dibeli masyarakat. Nah, ini merupakan peluang usaha agribisnis yang sangat mentungkan. Tapi tentu saja anda harus memiliki keahlian dalam hal membuat bibit tanaman dalam pot.

4. Usaha Agribisnis Pembibitan Tanaman Pohon

Varian/Jenis bibit pohon sangatlah beragam dan kondisional sesuai daerah anda. Cobalah anda temukan tanaman apa saja ya yang kira kira cocok untuk dibudidayakan di daerah anda dan berpeluang paling bagus serta berpotensi memberikan keuntungan yang bagus.

Membuka usaha di bidang Pembiakan Bibit pohon albasia, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon karet dll. mungkin adalah bibit pohon yang bisa anda pilih dalam jenis usaha ini.


Potensi Keuntungan dari usaha aribisnis sangat menjanjikan untuk dijadikan sebgai lahan berwirausaha. Usaha ini juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Kita mengeluarkan modal di awal kemudian selanjutnya tinggal memanen atau mengambil keuntungan. Usaha agribisnis juga bisa dijadikan sebagai tabungan. Misal, anda menanam pohon albasia yang biasanya akan dipanen setelah usia 5 tahun. Artinya anda menabung selama 5 tahun dan bisa digunakan (dijual) sewaktu-waktu ketika sangat membutuhkan.

Keuntungan-keuntungan yang saya sebutkan di atas adalah keuntungan primer dari sebuah usaha agribisnis. Sebenarnya ada potensi keuntungan lain yang saya sebut sebagai keuntungan sekunder, yaitu terciptakan bisnis pariwisata. Misal, anda memiliki kebun sayuran, buah-buahan atau tanaman hias. Selain anda menjual produk anda juga bisa menjadikan tempat atau kebun anda sebagai tempat wisata agribisnis. Tentu, dari kegiatan wisata agribisnis tersebut anda juga bisa memetik keuntungan.