Iklan

iklan di sini

Featured Post

Your have to know affiliate marketing rules for successful

Your have to know affiliate marketing rules for successful - So you have got been eager to get into affiliate promoting, and need to grasp ...

Usaha Sampingan Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

iklan di sini

Usaha Sampingan Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan | Usaha sampingan rumahan adalah usaha yang sangat cocok untuk dikerjakan oleh para ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa, pelajar atau siapapun anda yang ingin penghasilan tambahan. Ya, namanya juga usaha sampingan ya usaha yang dikerjakan pada paruh waktu setelah usaha atau pekerjaan utama selesai. Namun tidak jarang orang yang menekuni usaha sampingan kemudian meninggalkan pekerjaan utamanya karena hasil dari usaha sampingan ternyata lebih besar dibanding dari pekerjaan utamanya.

Contoh seorang guru honorer bekerja di sebuah sekolah dengan honor 300 - 500 ribu, kemudian dia mencoba membuat dan berjualan kue setelah pekerjaan sebagai guru selesai. Pada awalnya, antara pekerjaan utama (guru honorer) dan usaha sampingan bisa berjalan bersamaan tanpa saling mengganggu. Namun kemudian pesanan terhadap kue pesanannya kian meningkat dan penghasilan dari membuat kue pun semakin meningkat. Akhirnya guru ini sering tidak fokus mengajar karena memikirkan bagaimana memenuhi pesanan kue dari para pelanggan. Nah, karena tidak ingin merugikan siswa akhirnya guru tersebut memutuskan untuk meninggalkan profesinya sebagai guru dan fokus pada usaha sampingannya sebagai penjual kue. Sekarang usaha sampingannya justru menjadi usaha utama.

Itu adalah satu contoh dari usaha sampingan yang kemudian berkembang dan mengalahkan pekerjaan utama. Inti dari contoh cerita di atas adalah, potensi keuntungan dari usaha sampingan bisa melebih hasil dari pekerjaan utama bahkan jika fokus bisa menjadi usaha utama yang sangat menguntungkan.

Usaha sampingan rumahan modal kecil, ya usaha sampingan bisa dimulai dengan modal yang sangat minim atau kecil. Ada banya jenis usaha sampingan rumahan yang bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim tapi memiliki potensi keuntungan besar. Modal awal bisa berkisar antara 100 - 500 ribu. Kira-kira jenis usaha apa saja yang bisa dikerjakan di rumah sebagai usaha sampingan dan dengan modal kecil. Yuk kita intip peluang-peluang usaha rumahan sampingan dengan modal kecil.

usaha sampingan rumahan modal kecil
sumber image : http://annoncesv8.com/home-business/

Usaha Jajanan atau Makanan Ringan

Usaha jajanan atau makanan ringan adalah usaha dengan mosal sangat minim yang bisa anda lakukan di rumah anda sendiri. Untuk menjadi pengusaha jajanan atau makanan ringan tidak harus membuat sendiri jajanan tersebut. Misal anda bisa memesan atau membeli jajanan dari para pembuat jajanan secara kiloan. Kemudian anda kemas ke dalam kemasan-kemasan kecil dan jual di warung-warung. Atau anda juga bisa menitipkan jajanan yang sudah anda kemas di koperasi sekolah.

Modal untuk memulai usaha sampingan rumahan ini sangat kecil. Tapi butuh ketekunan tidak gampang mengeluh. Misal dalam memasukkan jajanan ke dalam bungkusan atau kemasan yang kecil-kecil membutuhkan kesabaran. Apalagi kalau pengemasan dilakukan secara manual, misal dibakar dengan menggunakan lilin bukan dengan mesin pres. Ya, namanya usaha baru jalan pasti harus dilalui dengan penuh kesabaran. Kecuali kalau usaha sudah berjalan dan memberikan keuntungan, dari keuntungan tersebut anda bisa menyisihkan untuk membeli peralatan yang bisa memudahkan pekerjaan anda.

Usaha Membuat Kue

Jenis usaha ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang ingin tambahan penghasilan. Anda bisa membuat aneka jensi kue yang bisa memenuhi kebutuhan setiap saat atau bisa dikonsusmsi sewaktu-waktu. Selain itu anda juga bisa membuat kue untuk kepentingan acara-acara tertentu seperti kue ulang tahun dan kue pernikahan.

Modal awal untuk membuat kue juga terbilang sangat minim. Wadah adonan bisa bisa gunakan perabotan rumah yang sudah ada, misal baskom. Untuk pengocok adonan anda bisa menggunakan alat kocok manual, kalau memungkinkan anda bisa membeli mixer elektrik. Alat dan bahan untuk membuat kue juga sangat mudah di dapat. Jadi, untuk memulai usaha ini sangat mudah asal anda sudah memiliki keterampilan membuat kue. Kalau belum, tenang aja semua bisa dipelajari kok. Kuncinya ada kemauan.

Usaha Minuman Segar

Nah jenis usaha ini banyak bertebaran dimana-mana tuh. Salah satu contoh usaha minuman segar yang kini sedang mulai naik daun adalah minuman segar berbahan coklat. Sedangkan minuman segar seperti Jelly Leker dan Milkshake seperti sudah mulai memudar. Jadi, kalau anda mau memulai bisnis usaha minuman segar lebih baik memilih minuman dengan bahan dasar coklat.

Bagaimana dengan minuman jus buah segar? Nah kalau minuman segar ini cenderung tetap bertahan. Meskipun jenis usaha minuman segar lainnya sudah mulai memudar, minuman jus buah segar tetap masih bertahan. Hal ini karena minuman jus buah segar selain untuk penyegar juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Usaha Makanan Khas atau Kuliner

Anda hobi masak? Nah hobi anda bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Banyak kok usaha sampingan rumahan yang diawali dari sebuah hobi. Untuk memulai usaha sampingan rumahan bidang kuliner tidak harus dengan usaha skala besar, anda bisa memulai dari yang bersifatnya kecil-kecilan terlebih dahulu. Misal dengan jualan seblak, gado-gado, ketoprak, dll.

Usaha Servis Barang-Barang Elektronik

Dari usaha sampingan rumahan 1 - 4 sepertinya saya hanya menyasar para ibu rumah tangga saja. Hehehe.....
Nah yang kelima ini peluang usaha sampingan rumahan saya khususkan untuk para pria yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Kita tahu hampir semua orang memiliki barang-barang elektronik di rumahnya. Mulai dari televisi, radio, mejikjer, setrika, komputer, laptop, dll. Barang-barang elektronik tersebut sering mengalami kerusakan dan kebanyakan dari pemilik barang elektronik tersebut tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Nah ini adalah peluang usaha rumahan sampingan untuk anda yang sangat potensial. Modal awal yang dibutuhkan juga sangat kecil. Alat yang anda butuhkan untuk menjadi tukang servis elektronik seperti obeng (plus dan min), tang, solder dan tester. Untuk membeli alat-alat tersebut tidak akan menghabiskan uang sampai 200 ribu.

Menjalankan usaha servis barang-barang elektronik juga sangat mudah, anda tidak membutuhkan tempat khusus yang luas. Anda bisa menggunakan ruang tamu yang ada di rumah anda atau membuat ruagn khusus yang ada di rumah anda. Untuk menambah nilai plus pelayanan, anda bisa melayani servis panggilan. Jadi, orang tidak harus datang ke rumah anda untuk memperbaiki barang-barang elektroniknya.

Nah itu adalah peluang usaha sampingan rumahan modal kecil yang menguntungkan. Jangan pernah takut untuk memulai. Kesuksesan tidak berawal dari sesuatu yang besar, tapi secara umum berawal dari yang kecil. Langkah besar berawal dari satu langkah kecil. Jadi, jangan takut untuk memulai dan jangan takut gagal. Mulailah segera, maka selanjutnya anda akan bisa mentukan langkah yang lebih jauh lagi.

Oh ya, satu lagi yang tidak boleh terlupakan. Kunci sukses dari sebuah usaha adalah strategi marketing atau pemasaran. Untuk mendongkrak sebuah usaha agar cepat naik harus kreatif dalam melakukan pemasaran. Misal dengan memberikan bonus atau diskon. Pemasaran bisa dilakukan melalui selebaran atau sekedar pengumuman pada saat-saat acara tertentu. Misal acara arisan, acara pengajian atau acara lainnya. Anda juga bisa menafaatkan facebook dan sosial media lainnya sebagai media promosi. Silakan anda pelajari cara jitu jualan via facebook dan cara jualan menggunakan twitter.