Iklan

iklan di sini

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

iklan di sini

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil | Banyak para motivator yang mengatakan sesuatu yang besar juga berasal dari yang kecil. Langkah-langkah besar diawali denga langkah kecil yang tertatih-tatih di sertai jatuh bangun. Untuk itu bagi orang-orang yang akan memulai sebuah usaha atau bisnis jangan pernah takut untuk memulai. Memulai usaha bisa diawali dengan modal yang kecil. Selain mungkin karena memang tidak ada modal besar, memulai usaha dengan modal kecil juga bisa meminimalisir resiko. Namun, dari sini seorang pengusaha akan mendapatkan pelajaran pertamanya bagaimana cara menjalankan sebuah usaha.

Bagaimana cara memulai usaha dengan modal kecil?
Pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan bagi orang yang baru akan memulai sebuah usaha. Hal ini adalah sebuah kewajaran karena belum ada pengalaman bahkan belum ada gambaran tentang bisnis yang akan dijalankan. Nah, artikel ini akan memberikan sedikit gambaran tentang memulai usaha dengan modal kecil


Ambil peluang usaha sekecil apapun yang ada di sekitar kita.
Peluang usaha yang kelihatannya kecil dan tidak mungkin menghasilkan justru jika ditekuni akan menjadi sesuatu yang besar. Peluang usaha jenis ini juga jarang dilirik oleh orang kebanyakan, karena orang kebanyakan akan mengambil sebuah peluang usaha yang sudah jelas kelihatan potensinya. Misal sudah banyak yang menjalankan, banyak konsumennya dan keuntungannya sudah kelihatan besar. Tidak ada salahnya memilih jenis bisnis seperti ini tapi karena akan semakin banyak pelaku akhinrya bisnis jenis ini akan redup juga. Jadi, carilah peluang usaha yang belum dijalankan oleh banyak orang.

Contoh saya pernah menceritakan kutipan kisah sukses Aang Permana dengan usaha ikan petek krispinya pada artikel ide peluang wirausaha yang menguntungkan. Aang Permana justru mengambil ide usaha dari sesuatu yang menurut orang lain tidak bernilai ekonomi. Pada saat itu ikan petek hanya dijadikan sebagai pakan bebek, tapi Aang Permana melihat dengan caranya sendiri. Ikan petek yang dalam padangan orang kebanyakan tidak bernilai ekonomi disulap menjadi makanan bernilai ekonomi dan pindah tempatnya ke super market-super market. Inilah bukti bahwa peluang usaha sekecil apapun jangan pernah di pandang sebelah mata.

Ambil peluang usaha yang sesuai dengan hobi atau yang anda sukai.
Peluang usaha di sekitar kita sebenarnya sangat banyak. Namun tidak semua peluang tersebut bisa diambil untuk dijalankan. Hal terbaik adalah mengambil peluang usaha yang sesuai dengan hobi kita sendiri. Misal hobi pada pernak-pernik mulailah dengan usaha membuat pernak-pernik asesoris. Bagi anda yang hobi atau senang dengan anak-anak bisa mulai usaha dengan menyediakan jasa penitipan anak, atau sesuaikan dengan hobi anda yang lainnya.

Sebuah usaha bisa berawal dari sebuah hobi. Peribahasa bisnisnya yaitu dari hobi menjadi hoki. Seperti halnya Aang Permana dia mengambil usaha ikan petek krispi sejalan dengan passion-nya, karena dia seorang sarjana perikanan. Jadi dia betul tentang ikan (kandungan gizi ikan, cara mengolah ikan). Karena itu sudah menjadi hobinya, maka ketika menjalankan usaha tidak akan bingung lagi bahkan menjalankan usaha dengan penuh rasa senang.

Dengarkan kata orang lain tentang bisnis anda
Jangan pernah menutup diri dari masukan atau ide yang diberikan oleh orang lain. Tidak ada orang yang pintar sendiri, melainkan membutuhkan masukan dari orang lain. Apalagi kalau kita memualai usaha benar-benar dari nol, tidak tahu bagaimana cara memulai  dan tidak tahu bagaimana sistem usaha yang benar.

Ini juga yang mengantarkan Aang Permana menjadi pengusaha muda yang sukses saat ini. Dia tidak menutup diri dari masukan orang lain. Misal pada saat awal dia memulai bisnis tidak mendaftarkan hasil produksinya ke BPOM, namun karena ada yang menganjurkan untuk mendaftar ke BPOM kemudian dia melakukan hal tersebut. Kemudian dia juga dianjurkan untuk memiliki SIUP maka dia juga membuat SIUP. Bahkan ide mengemas ikan petek krispinya, katanya adalah ide dari orang-orang di sekitarnya. Dari menerima berbagai masukan ide dari orang lain maka terciptakan sekarang ikan petek krispi dengan kemasan yang elegan, memiliki legalitas dan tentunya menambah nilai terhadap produksinya. Lain halnya jika dia tetap bertahan dengan caranya sendiri, yaitu mengemas ikan petek dengan plastik transparan yang hanya direkatkan dengan lilin, pasti tidak akan menjadi sebesar sekarang ini.

Kuasai pasar seluas mungkin
Agar usaha modal kecil anda lebih berkembang gunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Kebanyak orang hanya menyebar selebaran secara sembarangan, bahkan hanya di tebar dijalanan. Cara seperti ini kutang efektif bahkan akan menjadi hal yang sia-sia. Kita tahu sangat jarang orang yang tertarik dengan sesuatu yang berbau promosi, apalagi harus memungut dari jalanan.

Strategei pemasaran yang tepat adalah dengan menempelkan famplet di tempat-tempat strategis. Ditempat keramaian dan mudah dibaca. Gunakan kata-kata ampuh dalam promosi anda, misal dengan kata-kata BONUS, PRODUK TERBATAS, DISKON BESAR-BESARAN.

Kuasai juga pasar online. Ya, dijaman serba online seperti sekarang ini anda harus tahu cara menggunakan teknologi internet untuk kebutuhan bisnis anda. Misal anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan twitter atau silakan anda baca cara jitu jualan via facebook.


Belajar manajemen keuangan sederhan
Yang namanya usaha tidak lepas dari urusan keuangan. Tata kelola keungan yang baik akan sangat mendukung tumbuh kembang sebua usaha. Untuk itu sangat penting bagi seorang pelaku usaha menguasai cara pengelolaan keuangan secara tepat. Tidak usah mahir-mahir sampai harus belajar akuntan. Cukup dengan mengatahui berama modal, berapa keuntungan, berapa biaya operasioan dan berapa laba bersih, itu sudah cukup. Setelah tahu berapa laba bersih usahakan menyisihkan sedikit untuk kepentingan investasi guna mengembangkan usaha anda.

Berikan yang terbaik untuk pelanggan
Ada istilah konsumen atau pembeli adalah raja. Artinya anda harus memberikan yang terbaik untuk pelanggan anda. Terbaik dalam hal produk juga terbaik dalam hal pelayanan. Meskipun anda memiliki produk terbaik, tapi kalau cara melayani pelanggan anda bukan yang terbaik maka pelanggan bisa pindah ke lain hati.

Lakukan sekarang (Action Now)
Setelah anda tahu ada peluang usaha, tahu bagaimana cara mendaptkan modal, tahu bagaimana cara memulai usaha, segera lakukan. Jangan hanya berangan-angan atau bermimpi. Tidak usah berpikir banyak hal yang belum diketahui. Ingat sesuatu itu terkadang bisa karena terbiasa. Dengan segera memulai usaha, itu artinya anda sudah membuka jalan bagi kebiasaan anda selanjutnya.