Iklan

iklan di sini

12 Tips Ampuh Menggunakan Twitter Untuk Jualan Online Agar Laris Manis

iklan di sini

12 Tips Ampuh Menggunakan Twitter Untuk Jualan Online Agar Laris Manis | Twitter adalah salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh para sosialita. Twitter sendiri secara masif digunakan di Indonesia sejak tahun 2006. Pada awalnya, twitter hanya digunakan untuk meluapkan perasaan saja. Namun sejak penggunaannya semakin masif, maka para netpreneur menggeser fungsi semula sebagai media komunikasi semata menjadi media promosi.

Batasan karakter untuk setiap satu kali  twitt, yaitu hanya dibatasi 140 karakter menjadikan orang harus lebih keratif dan cerdas dalam menulis sebuah kalimat. Namun dibalik itu, jika seseorang benar-benar mampu mengoptimalkan 146 karakter tersebut justru akan menghasilkan sebuah informasi yang padat dan tepat. Hasilnya pembaca akan langsung fokus pada maksud penulis twitt.

Nah untuk para pebisnis harus benar-benar keratif ketika menulis sebuah twitt yang ditujukan untuk tujuan promosi agar promosi bisa sampai pada sasaran. Selain cara menulis twit yang tepat, masih banyak bagian dari twitter yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penjualan. Untuk itu, bagi para pebisnis yang ingin menjual produknya via internet harus memperhatikan semuanya. Tentu, agar hasilnya maksimal yaitu meningkatkan penjualan secara maksimal.

Tips-tips twitter untuk jualan online apa saja yang harus dilakukan. Semua bagian, mulai dari awal pembuatan akun sampai dengan optimasi penggunannya. Untuk lebih lengkapnya silakan lanjutkan membaca aritkel ini sampai tuntas.

tips jualan online menggunakan twitter

12 Tips Twitter Untuk Jualan Online

1.     Pilih Username Dengan Nama Yang Berkaitan Dengan Produk
Inilah awal yang tepat bagi anda untuk melakukan optimasi twitter untuk meningkatkan penjualan anda. Mengapa nama atau username harus berkaitan dengan nama produk, misal produk yang anda juala adalah baju bayi maka anda harus memiliki twitter dengan nama http://twitter.com/bajubayi atau yang sejenisnya. Kita tahu bahwa google akan mengindek link akun twitter kita. Maka ketika menyisipkan keyword dari produk yang kita jual pada username twitter, ada harapan ketika ada orang mencari sesuatu pada google dengan kata kunci tertentu misal "baju bayi" maka akun twitter kita akan muncul dalam hasil pencarian. Begitu juga ketika seseorang mencari dengan kata "baju bayi" pada twitter, maka akun kita akan muncul.

2.     Membuat Profil Yang Mewakili Produk dan Menarik
Bagian penting dari profil twitter yaitu, avatar (foto profil), foto header, foto back ground dan keterangan dari profil. Bagian-bagian penting ini bisa digunakan untuk mengotimalkan penjualan anda. Silakan anda gunakan logo atau icon bisnis anda sebagai foto profil anda. Namun jika ingin lebih efektif, anda tetap menggunakan foto anda sebagai foto profil, namun background dari foto anda bisa menggunakan gambar dari icon bisnis anda. Dengan cara ini, akun twitter anda akan terlihat lebih manusiawi dan terkesan profesional.

Nah jika pada foto profil anda menggunakan foto anda sendiri, maka pada foto header anda bisa menggunakan sebuah gambar baner yang mencerminkan dari produk anda. Lewat foto yang ada dibagian atas dari profil ini maka penjual bisa bercerita tentang produknya melalui sebuah gambar. Misalnya, foto stock barang yang ada di gudang seorang seller atau logo bisnis onlinenya.

Selain pada bagian foto header anda juga bisa menambahkan foto atau gambar pada bagian background profil anda. Pilihlah gambar yang menunjukkan bisnis Anda adalah bisnis yang menarik.

Bagian profil yang tidak kalah penting adalah pada bagian keterangan/deskripsi/bio, di sini anda bisa menjelaskan tentang bisnis anda atau produk yang anda jual. Sisipkan keyword-keyword yang menjadi target anda. Usaha keyword memiliki keterkaitan dengan username, tujuannya agar keyword yang anda bidik bisa muncul di hasil pencarian google.

3.     Mencantumkan Contac Person
Masih berkaitan dengan profil twitter, sekarang lanjut ke bagian contact person. Pada profil twiiter, anda bisa menambahkan kontak person sepert nomor HP, email dan alamat website toko online anda. Jangan lupa juga berikan informasi alamat tinggal anda yang real, sehingga orang benar-benar percaya bahwa anda bukan penjual yang suka menipu.

4.     Cari teman dan follow atau follow kembali
Istilah dalam twitter adalah pengikut atau follower bukan teman seperti di facebook. Nah tugas selanjutnya setelah setting profil anda adalah mencari pengikut sebanyak-banyaknya. Karena masih awal (akun masih baru) maka anda harus banyak memfolow atau mengikuti orang terlebih dahulu. Dari kegiatan anda memfolow orang maka akan ada pengikut orang yang anda folow akan tertarik dengan akun anda sehingga menjadi pengikut anda. Kalau tampilan profil anda sangat menarik, saya yakin akan ada banyak pengikut orang lain yang juga menjadi pengikut anda.

Untuk lebih memudahkan, anda bisa mengikuti orang-orang yang anda kenal terlebih dahulu, kemudian cari orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bisnis anda. Jangan anggap mereka sebagai kompetitor atau pesaing, anggap saja sebagai teman. Meskipun mungkin jualan produk yang sama, tapi kan rejeki Allah yang ngatur. Hehehe.....

5.     Mulai Membuat Twitt atau StatusPenawaran produk di twitter dilakukan melalui sebuah twitt atau update status. Silakan anda keratif dalam membuat kalimat-kalimat menjual. Perlu diingat bahwa twitter menyediakan jumlah karakter yang terbatas untuk stiap satu kali twitt, jadi harus keratif dalam membuat kalimat yang pendeh namun menarik perhatian orang.

Untuk lebih mengefektifkan promosi via twitter anda bisa membuat twitt atau update status dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik. Jadi anda harus memiliki banyak stok foto atau gambar dari produk-produk yang akan anda jual. Sisipkan kata-kata penawaran atau iming-iming pada foto dan gambar anda. Misal, gambar dengan tulisan "BELI 2 BONUS 1", "BONUS 25% SAMPAI TANGGAL ...." atau kata-kata lainnya yang mampu menarik perhatian pembaca.

6.     Memilih Topik Tweet
Topik yang dimaksud adalah topik yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Jadi, jangan seluruh twit isitnya hanya promosi, sesekali buatlah twit mengenai tips dan trik, motivasi dan lainnya. Misal anda jualan baju bayi, maka sesekali buatlah twit yang membahas tentang cara merawat bayi, cara mendandani balita agar tampil cantik atau ganteng, cara menjalih hubungan dengan anak agar lebih intim dan lainnnya.

7.     Arahkan Traffic pada Money Site Anda
Jika anda memiliki money site atau toko online atau blog tempat anda memajang produk-produk anda, arahkan pembaca twitter untuk mengunjungi toko online anda. Anda bisa melakukannya dengan menyisipkan link pada setiap twit anda. Untuk mempersingkat link anda bisa menggunakan fasilitas dari google di http://goo.gl atau menggunakan http://bit.ly

8.     Ciptakan Online Presence yang Kuat
Akun Twitter yang dibuat oleh seorang online seller bertujuan untuk mendukung keberadaan toko online-nya. Agar hubungan ini selalu kuat, sebaiknya online seller menghubungkan antara media sosial dengan situs toko online-nya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya dengan mencantumkan tombol follow di situs toko online atau yang biasa disebut dengan Twitter Follow Button. Dengan logo Twitter di setiap halaman situs toko online, pengunjung bisa langsung menekan tombol tersebut dan langsung diarahkan untuk mem-follow akun Twitternya.

Selain itu, seorang seller juga bisa menambahkan gadget Twitter di toko online-nya. Sehingga pengunjung toko online bisa melihat tweet-tweet terakhir yang dihasilkan oleh seller tersebut.

9.     Respon yang cepat
Calon pembeli biasanya tidak suka menunggu terlalu lama. Misal mereka kirim pesan di twiiter anda, tapi anda tidak kujung menanggapi atau membalas pesan tersebut. Akhirnya calon pembeli akan merasa di acuhkan sehingga akhirnya tidak lagi respect dengan anda. Untuk itu sangat penting mensetting gadget anda agar setiap ada twit atau pesan dari twitter langsung ada notifikasi atau pemberitahuan. Dengan demikian anda bisa langsung menanggapi setiap ada twit atau pesan dari para calon pembeli.

10. Tweet Dengan Menggunakan Video
Video akan sangat efektif untuk mempromosikan produk anda. Selain anda bisa bebas memberikan penjelasan tentang produk anda dengan durasi yang anda sukai, biasanya para netter juga lebih suka melihat dan mendengar daripada harus membaca. Buatlah video yang menarik berkaitan dengan produk yang anda jual. Anda bisa memulai video dengan penjelasan produk anda, ketersediaan, harga, dan cara pembelian. Dibagian akhir anda bisa menambahkan video testimoni atau kesaksian dari konsumen yang sudah membeli produk anda.

11. Atur Followers dalam Conversation List
Semakin banyak akun Twitter yang di-follow, semakin banyak pula tweet-tweet yang muncul di timeline. Tweet-tweet tersebut kemudian bukan berisi tema yang sama. Agar lebih fokus dalam ‘mendengarkan’ informasi dari akun-akun Twitter yang di-follow, seorang seller bisa membuat list pada akunnya.

List memungkinkan seorang pengguna Twitter hanya ‘mendengarkan’ atau melihat tweet-tweet yang dihasilkan oleh orang-orang yang menjadi anggota list tersebut. Selain itu, seseorang juga bisa membuat list dan memilih anggotanya sesuai keinginannya.

Seorang seller bisa membuat list dengan kategori “customer”, “potential customer”, “inspiring people”, atau “partner business”.

12. Gunakan Hashtag
Hashtag digunakan membeeritahukan orang yang anda tag tentang twitt anda. Selain melakukan hastag ke orang anda juga bisa melakukan hastag berdasrkan topik yang lagi ngetrend. Topik yang lagi ngetren suda pasti banyak dilihat orang, anda bisa nimbrung pada topik tersebut dengan membuat hastag pada twitt anda ke topik yang lagi ngetren tersebut.

Nah itulah 12 tips ampuh menggunakan twitter utnuk jualan online, semoga dengan menerapkan tips-tips di atas jualan anda semakin laris manis dan mangguk keuntungan yang sangat besar dari bisnis online anda. Jika sudah menangguk keuntungan jangan lupa sedekah dan zakatnya. hehehe.....