Iklan

iklan di sini

Yuk Kita Test Otak Kanan atau Kiri Dengan Cara Sederhana Ini

iklan di sini

Yuk Kita Test Otak Kanan atau Kiri Dengan Cara Sederhana Ini | Otak manusia terbagi menjadi duan bagian sisi, yaitu sisi kiri dan sisi kanan. Kedua sisi otak ini memiliki fungsi yang berbeda tapi menjadi sebuah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Otak kanan berfungsi sebagai kontrol gerak anggota tubuh bagian kiri dan sebaliknya otak kiri berfungsi sebagai pusat kontrol anggota tubuh bagian kanan.

Selain sebagai fungsi pusat gerak anggota tubuh, kedua sisi otak manusia juga memberikan pengaruh pada jenis kecerdasan seseorang. Menurut para ahli, manusia itu memiliki 3 jenis kecerdasan yaitu kecerdara intelektual atau Intelligence Quotience (IQ), kecerdasan emosional atau Emotional Quotience (EQ) dan kecerdasan spiritual atau Spiritual Quotience (SQ). 

Jenis kecerdasan tersebut dipengaruhi oleh otak bagian mana yang lebih dominan. Jika otak kiri lebih dominan maka anda memiliki kecerdasan IQ lebih dibandingkan kecerdasarn EQ, sebaliknya jika otak kanan mendominasi maka anda memiliki kecersana emosional lebih tinggi dibanding kecerdasan intelektual. Nah untuk itulah pentinganya dilakukan tes otak kanan atau kiri, agar dapat diketahui jenis kecerdasan apa yang dimiliki. 

Pentinganya mengetahui otak mana yang lebih dominan agar kita mengenali kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri. Tujuan akhirnya adalah agar bisa mengoptimalkan yang menjadi menjadi kekuatan dan belajar lebih banyak lagi untuk menutup kelemahan yang ada. Dengan demikian maka kita bisa lebih pasti dalam menentukan pilihan hidup dan bisa menggapai sukses.

Baca Juga : Cara Sukses Bisnis Dengan Otak Kanan

cara sederhana test otak kanan atau kiri

Lalu bagaimana cara melakukan tes otak kanan atau kiri? Tidak perlu ke psikiater atau lab, kita bisa melakukan tes sederhana untuk mengetahui otak kanan atau kiri yang lebih dominan. Cara test otak kanan atau kiri juga tidka membutuhkan biaya besar untuk membeli peralatan canggih, kita bisa menggunakan anggota tubuh sendiri dan menyimpulkan dari kebiasaan kita sehari-hari.

Nan penasaran kan bagaiman cara melakukan tes otak kanan atau kiri? Yuk kita lakugan tes sederhana untuk mengetahui otak akan atau kiri yang lebih mendominasi pada diri kita. Berikut beberapa tes yang bisa kita lakukan.

Cara Sederhana Tes Otak Kanan atau Otak Kiri


1. Memutar tubuh
Cara melaukannya silakan anda rileks, kosongkan pikiran anda pada keinginan untuk bergerak atau memutar ke arah mana. Setelah benar-benar rileks dan kosong, silakan memutarlah. Agar dalam memutar bisa lebih optimal anda bisa melakukannya dengan kedua tangan direntangkan. Rasakan ke arah mana anda memutar. Jikan tubuh anda memutar searah dengan jarum jam itu artinya otak kanan lebih dominan, sedangkan jika memutar melawan arah jarum jam maka otak kiri anda yang lebih dominan.

2. Tes Upil
Nah lho.... kedengarannya ini agak jorok. Tapi saya yakin semua orang pernah ngupil dan bahkan ngupil mejadi kegiatan diluar kesadaran yang sangat mengasyikan. Perhatikan kebiasaan anda mengupil. Dari kegiatan mengupil ini anda bisa mengambil kesimpulan otak kanan atau kiri yang lebih dominan. Jika anda sering mengupil menggunakan tangan kiri, itu artinya otak kanan anda lebih dominan dan sebaliknya jika anda ngupil menggunakan tangan kanan artinya otak kiri lebih dominan.

3. Tes bersedekap
Sama dengan tes memutar tubuh. Cara bersedekap ini juga harus dengan rilek dan kosongkan pikiran dari keinginan bersedekap dengan cara apa. Setelah anda rilek dan pikiran kosong langsung lakukan sedekap dengan spontanitas. Lihat tangan mana yang ada dibagian atas. Dari sini anda bisa mengambil kesimpulan jika tangan kiri anda ada di atas, maka otak kanan lebih dominan dan begitu sebaliknya.

4. Tes kombinasi warna dan tulisan
Cara melakukannya adalah silakan anda lihat tulisan yang menyebutkan warna dengan warna tulisan yang berbeda dari tulisan. Lihat gambar di bawah ini.


Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Yang Benar-Benar Gila dan Menguntungkan
 
Silakan anda sebutkan warna dari tulisan dari gambar di atas. Dengan tes ini maka akan terjadi konflik antara otak kanan dan otak kiri. Otak kanan akan menyebtukan warna sedangkan otak kiri akan menyebutkan tulisan. Nah, jika anda lebih kuat atau cenderung menyebutkan warna maka otak kanan anda lebih dominan dan apabila anda cenderung membaca tulisan, maka otak kiri lebih dominan.

Test otak kanan atau kiri di atas tidak bisa disimpulkan satu persatu, melainkan memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Untuk itu anda harus melakukan semua test di atas kemudian menyimpulkan hasil tes dengan cara sebagai berikut :
 

Kelompokan tes di atas menjadi 2 tes, test nomor 1 (berputar) kita sebut sebagai tes B dan tes 2 - 4 kita sebut sebagai tes B. Berikut kesimpulan dari kedua tes tersebut.

Baca Juga : Jutawan Dari Boneka Kaos Kaki


  • tes A : Kanan + tes B: Kiri -->( seimbang cenderung kanan ):sangat perhatian , konvensional, berbelit-belit, cepat akrb dengan orang lain, waspada, pengalah dan stabil
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kanan + tes B : kanan ---> (dominan otak kanan) : suka tantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak , imajinasi kuat, selalu ingin tahu dan suka tantangan, ceroboh dan nekad, jarang mendengarkan pendapat
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kiri + tes B : Kiri --->(dominan otak kiri) : berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis,selalu merasa benar,bisa dipecaya,memiliki banyak hal yang membanggakan , lawan yang tangguh
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kiri + tes B : kanan --->(seimbang cenderung kiri) : suka mengurusi orang lain , berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian,tenang,bertanggung jawab,selalu berhati-hati dalam penampilan
Nah itulah cara test otak kanan atau kiri yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Namun cara di atas bukan cara satu-satunya untuk mengetahui otak kanan atau kiri yang lebih dominan. Anda bisa test otak kanan atau kiri dengan menonton video berikut ini.

0 Response to "Yuk Kita Test Otak Kanan atau Kiri Dengan Cara Sederhana Ini"

Blog Info Usaha Kreatif hanya menerima komentar dengan bahasa yang santun. Anda boleh mempromosikan bisnis anda melalui komentar sepanjang itu tidak mengandung unsur penipuan dan komen tidak mangandung kata-kata kasar dan tidak senonoh.
Terima Kasih