Iklan

iklan di sini

Cara Sukses Bisnis Dengan Mengoptimalkan Otak Kanan

iklan di sini

Cara Sukses Bisnis Dengan Mengoptimalkan Otak Kanan | Seprti kita tahu bahwa otak manusia terbagi menjadi dua bagian penting yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian otak ini memiliki fungsinya masing-masing dan memberikan dampak tersendiri bagi pribadi manusia itu sendiri. Selain itu kedua bagian otak ini terkadang memiliki dominasi yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Jarang sekali orang yang memiliki keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Pasti ada yang lebih dominan diantara keduanya.

Fungsi otak kiri yaitu terkait logika, data, dan fakta sedangkan otak kanan lebih kepada intuisi, kreativitas, inovasi, dan hubungan antar-manusia. Banyak diantara kita yang beranggapan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh kecerdasan secara matematik dan saintifik. Artinya kesuksesan seseorang ditentukan oleh dominasi otak kiri. Namun pada kenyatannya, di jaman modern seperti sekarang ini tidaklah demikian. Justru otak kanan lebih dominan dalam menentukan keseuksesan seseorang.


Misal seorang dokter yang menggunakan otak kanannya dalam mendukung pekerjaannya akan lebih sukses dibanding dengan dokter yang hanya mengandalkan otak kiri. Seorang dokter yang sekadar jago mendiagnosa penyakit namun tidak komunikatif dengan pasiennya tidak akan disukai pasien. Namun dokter yang kuat berempati dan bisa menerangkan duduk perkara penyakit dalam storytelling yang menarik akan disukai oleh pasien. Artinya akan banyak pasien yang berdatangan ke tempat praktiknya.

Seorang ahli, Dan Pink, mengatakan: ”The future belongs to a very different kind of person with a very different kind of mind.” Kita juga bisa melihat betapa kinerja otak kiri, seperti pencatatan, komputerisasi dan input data, sekarang bisa di-outsource atau bisa dilakukan oleh pihak di luar perusahaan.

Anggapan orang bahwa yang bisa di-outsource adalah  pekerja blue collar sudah mulai ditinggalkan. Saat sekarang kinerja white collars pun sudah tergantikan dengan mesin. Pekerjaan rutin yang menyangkut akunting dan engineering pun bisa  dilimpahkan keluar perusahaan, bahkan ke luar negeri, dengan menggunakan hasil secara real time.  Sebaliknya, hal yang tidak bisa tergantikan di perusahaan adalah kekuatan membaca kebutuhan pelanggan, menentukan hal-hal yang punya daya tarik, atau sebaliknya usang.

Dengan memperhatikan pendapat ahli dan fakta di lapangan, maka dapat kita simpulkan bahwa kesuksesan seseorang sangat dipengaruhi oleh otak kanan. Maka sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja otak kanan. Karena otak kanan erat kaitannya dengan intuisi, kreatifitas, inovasi, dan kemampuan berhubungan baik dengan sesama manusia, maka hal-hal berikut sangat tepat dilakukan untuk mengoptimalkan otak kanan.

Cepat Dalam Membaca dan Peluang

Untuk melatih intuisi anda dalam berbisnis, anda bisa belajar menggali setiap peluang yang ada bahkan yang tidak tergambar sama sekali oleh orang lain. Feeling atau intuisi akan mengambil sebuah kesimpulan dari informasi yang didapat sehingga bisa mengambil berbagai peluang yang ada.

Cepat Dalam Menganalisa Peluang dan Menerjemahkannya Pada Tindakan

Ketika peluang sudah didapat, jangan biarkan begitu saja tanpa adanya action. Segera analisa peluang tersebut dan ambil tindakan untuk mengeksekusinya. Orang yang cepat dalam membaca peluang dan mengambilkan menjadi sebuah kesempatan emas cenderung lebih sukses dibanding dengan orang yang terlalu lama memabca peluang dengan melakukan analisa data matemtik secara mendetail. Sementera orang yang menggunakan otak kiri masih melakukan penghitungan untung rugi, orang yang menggunakan otak kanan sudah melakukan tindakan atau action.

Memiliki Empati

Kesuksesan sesorang juga dipengaruhi dengan sikapnya dalam menjalin hubungan dengan sesama manusia. Orang yang memiliki empati tinggi terhadap masalah orang lain cenderung akan lebih sukses dibanding dengan orang yang acuh tak acuh. Bahkan para ahli bisnis menganjurkan agar mendorong kesuksesan dengan berbagai dengan orang lain. Misal dengan memberikan sedekah dari apa yang telah kita kumpulkan.

Orang-orang yang sukses ternya bukan mereka yang berusaha keras mendapatkan uang kemudian mengumpulkan dan menikmatinya sendiri melainkan mereka yang berusaha keras mendapatkan uang dan mau untuk berbagi.

Komunikatif

Jali hubugan baik dengan siapapun. Kuncinya adalah komunkatif. Orang-orang yang sukses cenderung aktif bahkan agresif bukan mereka yang pasif yang hanya mau berbicara ketika lawan bicara memulainya. Tapi mereka yang mau memulai pembicaran lebih dulu adalah mereka yang cenderung lebih sukses.

Imaginaasi atau Visi

Orang-raogn sukses saat ini adalah mereka yang memiliiki imaginasi atau visi di masa lalunya bahkan saat ini. Mereka selalu memimpikan hal-hal yang menurut orang lain mustahil. Tapi tidak hanya bermimpi, mereka kemuadian bangkit untuk megambil langakah pertama menuju mimpi mereka.

Nah itulah hal-hal yang perlu diasah atau dioptimalkan dari fungsi otak kanan untuk mendukung kesuksesan bisnis anda. Fakta membuktikan bahwa kesuksesan seseorang 90% ditentukan oleh otak kanan. Banyak kisah-kisah inspiratif dari para pengusaha sukses dengan omset milyaran rupiah ternyata mereka bukan lulusan perguruan tinggi ataupun lulusan sekolah dengan nilai akademik terbaik. Bahkan ada seorang penguasaha kayu di daerah saya sukses dengan omset ratusan juta perbulan tapi dia tidak bisa membaca dan menulis. Dia menjalankan bisnis kayunya bukan atas dasar pengetahuan akademik, tapi berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari keberaniannya mengambil setiap resiko yang ada. Artinya, dia hanya mengandalkan intuisi atau feeling.

0 Response to "Cara Sukses Bisnis Dengan Mengoptimalkan Otak Kanan"

Blog Info Usaha Kreatif hanya menerima komentar dengan bahasa yang santun. Anda boleh mempromosikan bisnis anda melalui komentar sepanjang itu tidak mengandung unsur penipuan dan komen tidak mangandung kata-kata kasar dan tidak senonoh.
Terima Kasih